Mr. AH

Setiap Kebaikan BALASANNYA hanyalah kebaikan. ahmadsuaidi99@gmail.com...

Selengkapnya

PENDIDIK HARUS BERDAYA DI ERA INDUSTRI 4.0

Generasi milenial atau dikenal dengan generasi Y adalah mereka yang laihr dalam rentang tahun 1990 – 2000an atau disebut gneerasi internat atau dikenal dengan Igen. Mereka semua memiliki akun media sosial, mereka menjadikan google search sebagai keluarganya yang setiap hari menemani belajarnya, mereka lebih memilih HP (youtube) dari pada TV, dan minat baca konvensional mereka sangat menurun, demikian pula minat siswa pada gurunya.

Revolusi industry 4.0 adalah bagian dari perkembangan di Abad ke-21 (21st Century) yang sudah dan sedang kita jalani, dimana perubahan begitu cepat, penuh ketidakpastian, dinamika yang bergejolak, persaingan yang tinggi, dan teknologi yang berkembang sangat pesat dibarengi dengan revolusi industri 4.0, dimana terjadi tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber dan berdampak pada perubahan dalam pendidikan dan pembelajaran. Revolusi industri 4.0 bukan milik anak-anak millenial, tetapi milik semua yang masih hidup saat ini. Jadi mau tidak mau, kita harus mengikuti dan berperan serta di dalamnya. Jangan menjadikan usia sebagai alasan bagi para guru untuk tidak belajar dan bertumbuh untuk menyesuaikan diri dengan era ini. Apapun jabatan kita saat ini; kepala sekolah, pengawas, penilik, terlebih guru harus berjuang untuk menguasai keterampilan yang dibutuhkan saat ini agar mampu dijadikan teladan dan menjadi pemicu semangat bagi anak-anak millenial yang menjadi pelaku saat ini dan masa depan. Guru harus berubah dan maju lebih cepat dari para siswanya. Jika tidak guru akan ditinggalkan para siswanya; mereka akan lebih memilih di depan HP daripada di depan guru yang tidak sesuai dengan zaman mereka.

Buku ini akan memberikan inspirasi dan wawasan bagi para guru tentang 7 tugas dan fungsi guru di era industri 4.0, memberikan pemahaman tentang pendidikan dan revolusi industri 4.0, kompetensi dasar siswa dan guru abad 21, karakter siswa dan guru abad 21, iot (internet of thing) dalam pendidikan, 9 penghambat guru dan siswa di era revolusi industri 4.0 dan 4 resolusi untuk guru di era revolusi industri 4.0. Dan di bagian akhir buku ini penulis sajikan singkat profil guru di era industri 4.0. Buku ini akan membuka wawasan bagi semua guru, calon guru, pemerhati pendidikan dan semua masyarakat yang peduli pada pentingya kemajuan pendidikan di Indonesia untuk menciptakan generasi berdaya saing. Saatnya guru yang tidak berubah mundur dari dunia keguruan (mengundurkan diri dari guru tipe masa lalu), agar generasi kita terselamatkan. Bukan soal kesejahteraan guru, tapi soal masa depan generasi bangsa adalah hal yang utama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

sependapat dengan soal masa depan generasi bangsa adalah yang utama. salam kenal Pak..

28 Apr
Balas

Manntap... Semoga bisa menjadi guru milenial. Salam kenal, sukses, dan salam literasi

04 Aug
Balas

Manntap... Semoga bisa menjadi guru milenial. Salam kenal, sukses, dan salam literasi

04 Aug
Balas
search